Kamis, 08 Desember 2011

Pulau Terkecil di Dunia

INDONESIA memang negara yang luas, kaya, dan indah. Bukan hanya Bali, banyak pulau dan pantai yang amat menarik minat wisatawan. seperti pulau terkecil di dunia yaitu Pulau Simping.

Di antara 17.508 pulau di Indonesia, Simping memang paling berukuran mini dengan luas hanya 1 hektar. Pulau Simping terletak di perairan Pantai Teluk Mak Jantu, Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Pulau ini termasuk dalam kawasan wisata Pantai Sinka Park Island, tempat wisata yang baru empat tahun ini mulai dikembangkan di kawasan pesisir Kota Singkawang.

Pulau Simping merupakan daratan yang tediri dari pasir dan bebatuan yang ditumbuhi beberapa pohon di atasnya. Di sana juga terdapat semacam klenteng kecil, tempat warga Tionghoa setempat bersembahyang.

Di pulau mungil ini juga tersedia keindahan pemandangan pantai, laut, dan perbukitan yang mengelilinginya. Maka tak heran. Walaupun sangat kecil Simping tak pernah sepi pengunjung.

Kawasan ini juga termasuk dalam area konservasi dan hutan yang dilindungi. Dan PBB pun sudah mengakui bahwa Simping merupakan pulau terkecil di dunia dan klaim ini semakin membuatnya ramai dikunjungi wisatawan.

Berkunjung ke pulau Simping tidak terlalu sulit hanya membutuhkan waktu 20 menit dari kota Singkawang menuju Pantai Teluk Mak Jantu.

Jika dari arah Pontianak membutuhkan waktu sekitar tiga Jam perjalanan menuju ke arah Kota Singkawang. Jarak tempuh ke Pulau Simping sekitar 100 meter dari bibir pantai teluk Mak Jantu. Untuk mencapainya kita dapat menggunakan jembatan dari beton yang sengaja dibangun untuk menuju lokasi pulau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar